RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Target 21 November Logistik Tahap Pertama Rampung

​KPU Target 21 November Logistik Tahap Pertama Rampung

16 November 2023 13:00 WIB
​KPU Target 21 November Logistik Tahap Pertama Rampung
Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat saat berbincang dengan awak media, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan 21 November 2023 seluruh logistik Pemilu 2024 tahap pertama rampung. Sehingga dipastikan, seluruh logistik sudah stand by di gudang-gudang milik KPU Provinsi, Kabupaten/Kota.

"Tahap satu sudah, sekarang sudah berjalan produksi dan pengiriman ke KPU kabupaten/kota. Sampai nanti 21 November mudah-mudahan sudah terkirim semua di seluruh Indonesia," kata Komisiomer KPU RI Yulianto Sudrajat dalam keterangan persnya, Kamis (16/11/2023).

Yulianto juga buka suara, terkait anggaran Pilpres 2024 jika terjadi dua putaran. Persiapan tersebut, diakui KPU sudah diperbincangan dengan Komisi II DPR RI.

"Sudah tersedia (anggaran), prinsipnya kemaren kan sudah dibahas dengan Komisi II DPR. Kalau terjadi putaran kedua, ya, anggarannya sudah ada, sudah tersedia," ucap Yulianto.

Meski di satu sisi, Yulianto mengaku, anggaran logistik Pilpres 2024 untuk putaran kedua belum cair dari pemerintah. "Ya belum, itu sudah clear dari dulu loh, diulang ulang terus," ujar Yulianto.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan, anggaran untuk Pilpres 2024 ditetapkan senilai Rp 76.6 triliun. Hasyim mematikan anggaran itu cukup untuk dua putaran.

"Anggaran yang dianggarkan Rp 76,6 triliun. Itu sudah termasuk pilpres putaran kedua," kata Hasyim kepada wartawan, Minggu (24/9/2023).

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI