RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPK Gencarkan Kampanye 'Hajar Serangan Fajar' Pemilu 2024

KPK Gencarkan Kampanye 'Hajar Serangan Fajar' Pemilu 2024

15 November 2023 15:50 WIB
KPK Gencarkan Kampanye 'Hajar Serangan Fajar' Pemilu 2024
Spanduk kampanye "Hajar Serangan Fajar" dibentangkan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (14/7/2023) meluncurkan kampanye "Hajar Serangan Fajar" untuk mengajak masyarakat menolak politik uang pada Pemilihan Umum 2024. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggencarkan kampanye 'hajar serangan fajar' menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Kampanye ini dengan melibatkan peran aktif masyarakat sebagai pemilih dalam pemungutan suara nanti. 

"Kita ingin sama-sama dengan masyarakat, yuk kita tolak serangan fajarnya. Kita ingin lihat calon bekerja lewat visi dan misinya," kata Ketua Tim Digital Campaign Dit. Soskam KPK Alfiana Rachmawati  dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Rabu (15/11/2023).  

Di sisi lain, Alfiana juga menyampaikan KPK  memanfaatkan media sosial (Medsos) untuk mengkampanyekan pemberantasan anti-korupsi kepada generasi milenial. Dalam kampanye ini, KPK bekerja sama dengan content creator. 

"Setelah kita lihat penetrasinya itu banyak banget lewat media sosial. Banyak banget Content Creator di media sosial dan kita manfaatkan mereka," kata Alfiana. 

Dalam kampanye antikorupsi sejumlah hal disampaikan KPK.  seperti sembilan nilai antikorupsi. Sembilan nilai antikorupsi itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. 

"Itu yang kita sebarkan ke semua pengguna media sosial, Dengan cara yang sederhana dan bisa dipahami oleh masyarakat," ujarnya. 

Tak hanya melalui kampanye pemberantasan korupsi melalui online atau media sosial. KPK juga melakukan kampanye offline dengan road show bus KPK yang bertemu dengan masyarakat langsung. 

 "Alhamdulillah minggu lalu selesai di Aceh dan sekarang balik lagi ke Jakarta," ucapnya.

Sementara itu, KPK akan menggelar Insight Day di Pos Bloc Jakarta pada 25 November 2023.  Festival ini  adalah kampanye digital antikorupsi dengan bentuk festival yang memfasilitasi generasi milenial dan generasi Z dalam mengembangkan diri dan meningkatkan potensi. 

Insight Day mengusung tema, “Integrity in Action” agar generasi muda terlibat secara aktif dalam memberantas korupsi. Insight Day terdiri dari 3 sesi Insight Talk, 2 sesi Pojok Inovasi, ada juga Insight Bazaar, dan Performance. 

Narasumber dalam acara ini antara lain, Abigail Limuria, Kevin Geraldi, Deddy Corbuzier dan Habib Jafar. Selain itu, juga dihadiri sejumlah penyanyi seperti Afgan, Ify Alyssa dan Barsena Bestandhi.



Pewarta: Iman
Editor: Nugroho
Sumber: RRI