RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Penghitungan Suara Pemilu

Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Penghitungan Suara Pemilu

15 November 2023 13:47 WIB
Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Penghitungan Suara Pemilu
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda saat berbicara dalam sebuah forum (Foto: Dokumentasi/Humas Bawaslu RI).

KBRN, Jakarta: Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda mengajak seluruh lapisan masyarakat mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. Ia meminta bantuan pengawasan karena berkaca pada Pemilu sebelumnya, yang rawan potensi pelanggaran.

"Jangan cukup saat mencoblos saja, tapi minimal kita kawal proses ini sampai akhir, kecurangan bisa terjadi di TPS. Maka perlu jeli untuk kita tetap ada hingga penghitungan suara," kata Herwyn dalam keterangan persnya, Rabu (15/11/2023).

Herwyn mengingatkan, perbedaan pilihan di antara masyarakat merupakan hal biasa dan sah di Pemilu. Oleh sebab itu, jangan sampai hak pilih masyarakat mendorong untuk berbuat pelanggaran.

"Pemilu ini harus diawasi karena pasti ada potensi kecurangan, fungsi pencegahan yang Bawaslu optimalkan. Kami berharap setiap komunitas yang ada di masyarakat turut terlibat mengawasi," ucapnya.

Herwyn meminta setiap pendukung dari ketiga paslon capres-cawapres dapat menjaga keamanan dan persatuan. Jangan sampai ada perpecahan yang terjadi di masyarakat, walaupun berbeda pilihan.

"Ketika pilihan berbeda jangan sampai merusak kekeluargaan kita, sebagai bangsa yang mengedepankan persaudaraan. Hidup rukun dan damai serta sebagai suatu negara yang menjamin dalam konstitusinya untuk menghargai hak individu menyatakan pendapat," ujarnya.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI