RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tiga Bakal Capres Perbincangkan Netralitas Pemilu

Tiga Bakal Capres Perbincangkan Netralitas Pemilu

30 Oktober 2023 16:30 WIB
Tiga Bakal Capres Perbincangkan Netralitas Pemilu
Suasana makan siang bersama Presiden Joko Widodo dengan tiga capres: Ganjar Pranowo (batik merah), Prabowo Subianto (batik coklat, depan bunga), dan Anies Baswedan (batik coklat, sebelah kanan) di Ruang Makan Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). Mereka membicarakan netralitas Pemilu 2024. (Foto: Biro Pers Setpres)

KBRN, Jakarta: Tiga bakal capres bertemu dengan Presiden Jokowi dalam acara makan siang di Istana Kepresidenan. Para bakal capres pun mengutarakan harapannya masing-masing.

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengatakan, Presiden Joko Widodo akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Bahkan Ganjar mengatakan, seluruh aspirasi pemilu yang damai diharapkan dapat terlaksana. 

"Beliau (Presiden Jokowi) orang baik dan Insya Allah akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau Insya Allah bisa dilaksanakan," kata Ganjar di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (30/10/2023).

Ganjar mengatakan, sudah menjadi tugas dan kewajiban bersama untuk menjaga keberlangsungan pemilu berjalan lancar dan adil. "Kita jaga sama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul parsial, semua bisa berjalan dengan fair," kata Ganjar lebih lanjut.  

Ganjar mengatakan, pembahasan netralitas menjadi sangat penting, terlebih untuk instansi-instansi. "Kalau tidak ada netralitas menjadi sangat parsial pasti, menjadi berat sebelah," ujar Ganjar lebih lanjut. 

Sementara, Capres Anies Baswedan mengatakan, bahwa masyarakat menginginkan Presiden Jokowi dapat menjaga netralitas, termasuk seluruh aparat.

"Mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas. Dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas di dalam Pilpres, Pemilu," kata Anies. 

Anies membeberkan, Presiden Jokowi  juga mengumpulkan para kepala daerah, TNI-Polri dan seluruh aparat untuk menjaga netralitas pemilu. Pesan tersebut menurut Anies kerap disampaikan Presiden kepada seluruh jajarannya untuk pemilu damai. 

"Kami melihat itu pesan penting yang bisa membuat Pilpres kita besok berjalan aman damai. Karena seluruh unsur penyelenggara negara menunjukkan sikap yang netral yang profesional," ujar Anies.

Adapun Capres Prabowo Subianto mengatakan, Presiden Jokowi berharap suasana Pemilu tetap baik. Hal ini tentunya senada dengan harapan mereka. 

"Jadi beliau (Presiden) berharap suasana bagus dan kita berharap suasana baik," kata Prabowo. Pemilu 2024 yang lancar dan damai menjadi harapan semua masyarakat, dengan harapan, Presiden dapat merangkul dan menjaga netralitas. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI