RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sebelum Berangkat ke KPU, Prabowo Minta Pendapat SBY

Sebelum Berangkat ke KPU, Prabowo Minta Pendapat SBY

25 Oktober 2023 09:15 WIB
Sebelum Berangkat ke KPU, Prabowo Minta Pendapat SBY
Prabowo Subianto saat datang dan meminta restu ke SBY (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sebelum berangkat mendaftar ke KPU, Bacapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto sowan ke Cikeas, Rabu (25/10/2023). Prabowo mendatangi rumah Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Prabowo menemui SBY untuk meminta doa restu karena akan mendaftarkan diri sebagai Capres dan Cawapres bersama Gibran Rakabuming. Pertemuan ini berlangsung di depan Perpustakaan SBY di Cikeas.

Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh SBY yang didampingi sejumlah petinggi Partai Demokrat (PD). Di antaranya Sekretaris Majelis Tinggi, Andi Mallarangeng, dan Wasekjen Ossy Dermawan.

Menurutnya, Prabowo memang kerap berdiskusi dan meminta pandangan SBY dan AHY dalam berbagai isu krusial. "Khususnya setelah AHY mendeklarasikan Prabowo sebagai Capres yang diusung Partai Demokrat," kata Ossy.

Ossy mengapresiasi Prabowo yang datang meminta doa restu dari SBY di Cikeas sebelum mendaftar ke KPU. Karena hal itu merupakan gestur dan etika politik yang sangat baik.

Menurutnya, SBY menaruh respek kepada Prabowo yang memiliki kemandirian dalam mengambil keputusan strategis. Termasuk dalam menentukan Cawapres yang akan menjadi pasangannya  dalam Pilpres 2024.

"Dulu, waktu dua kali saya menjadi Capres, saya juga melakukan hal yang sama. Yang paling berkepentingan untuk sukses dalam kontestasi pemilihan presiden ya capres sendiri, bukan orang lain," ucap SBY yang dituturkan Ossy.

Pertemuan Prabowo di rumah SBY di Cikeas berlangsung singkat. Usai berbincang, Prabowo bergegas menuju tempat deklarasi di Indonesia Arena sebelum mendaftar di KPU yang direncanakan pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Agus Wijananto
Editor: Mosita
Sumber: RRI