RRI

KPU Nyatakan Berkas Ganjar-Mahfud Lengkap

19 Oktober 2023 15:00 WIB
KPU Nyatakan Berkas Ganjar-Mahfud Lengkap
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyerahkan mock up Indonesia unggul kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima berkas pendaftaran pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Pasangan calon presiden dan wakil presiden itu mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024. 

Berkas mereka diterima langsung Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Ruang Sidang Utama Gedung KPU, Kamis (19/10/2023). Hasyim menyampaikan terima kasih atas koordinasi dari pihak partai-partai pendukung selama proses pendaftaran.

"Terima kasih atas kehadiran, koordinasi, kerja sama KPU dengan pimpinan partai politik yang bergabung. Dalam pengusulan atau pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres sejak beberapa waktu lalu," kata Hasyim. 

Hasyim menyatakan, secara administratif, berkas yang diterima KPU dari Ganjar-Mahfud sudah lengkap. Setelahnya, berkas tersebut akan masuk tahapan verifikasi dokumen. 

Hasyim menjelaskan, bakal pasangan capres-cawapres akan diberi kesempatan untuk memperbaiki dokumen. Terlebih jika dokumen dinyatakan belum sah. 

"Nanti ada kesempatan pemeriksaan. Untuk dilakukan pelengkapan atau perbaikan," ucapnya. 

Kemudian, KPU akan memberikan surat pengantar kepada bakal pasangan capres-cawapres untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Ini menjadi salah satu penilaian terkait kemampuan menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. 

Tes kesehatan akan dilakukan para pasangan capres-cawapres pada Minggu 22 Oktober 2023. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto. 


Pewarta: Pradipta
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI