RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Akan Publikasikan Daftar Riwayat Kandidat Capres-Cawapres

​KPU Akan Publikasikan Daftar Riwayat Kandidat Capres-Cawapres

28 September 2023 11:28 WIB
​KPU Akan Publikasikan Daftar Riwayat Kandidat Capres-Cawapres
Komisioner KPU RI Idham Holik saat melakukan wawancara dengan awak media di kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengaku, mengakomodasi masukan dan kritik terkait keterbukaan informasi riwayat hidup kandidat capres-cawapres. KPU bahkan meyakini, seluruh kandidat capres-cawapres tidak akan keberatan, jika daftar riwayat mereka dipublikasikan kepada publik.

"Saya sangat yakin karena beliau adalah tokoh nasional, tokoh bangsa, tokoh terbaik. Dari Indonesia pasangan capres-cawapres ini maka saya yakin mereka akan mengizinkan itu," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam keterangan persnya, Kamis (28/9/2023).

Walaupun punya niatan seperti itu, Idham mengatakan, KPU bakal terlebih dahulu meminta izin kepada capres-cawapres. Jika mereka tak mengizinkan, otomatis KPU tidak akan mempublikasikannya.

"Nanti rentang waktu tanggal 19-25 Oktober 2023 di mana bakal pasangan capres-cawapres mendaftarkan diri setelah kami terima dokumennya. Setelah kami cek kelengkapan administrasinya, maka kami akan segera mempublikasikan itu, tentunya harus mendapatkan persetujuan," ucap Idham.

Selain itu, Idham menegaskan, KPU juga melakukan komunikasi persuasif dengan koalisi parpol pengusung capres-cawapres. Hal itu, bertujuan agar parpol menyetujui keterbukaan daftar riwayat hidup capres cawapres.

Lebih lanjut, Idham menuturkan, hal yang sama pun berlaku untuk riwayat kesehatan capres cawapres. Idham menuturkan pihaknya akan mempublikasikan riwayat kesehatan itu, jika diizinkan oleh mereka.

"Riwayat kesehatan kalau mendapatkan izin, kita juga publikasi tergantung, karena riwayat kesehatan adalah dikecualikan menurut UU keterbukaan informasi," ujar Idham.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI