RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anjangsana dan Komsos Strategi Amankan Pemilu di Bangli

Anjangsana dan Komsos Strategi Amankan Pemilu di Bangli

16 September 2023 07:20 WIB
Anjangsana dan Komsos Strategi Amankan Pemilu di Bangli
Babinsa Kodim Bangli Sertu I Nengah Sudiana anjangsana ke masyarakat demi keamanan Pemilu 2024 (foto:istimewa)

KBRN, Bangli : Dalam rangka meningkatkan keamanan warga jelang pagelaran pemilu 2024, TNI di Bangli, Bali turun ke lapangan bergaul dengan masyarakat. Misalnya dilakukan Babinsa Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli,  Sertu I Nengah Sudiana yang melaksanakan anjangsana sekaligus komunikasi sosial (Komsos) dengan tokoh masyarakat.

Komsos kali ini menyasar I Nyoman Mayun (51) dan Warga Dusun/Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Rabu (13/9/2023).  Sertu Sudiana pada kesempatan itu membicarakan tentang keamanan dan ketentraman desa binaan.

"Dalam menjaga hubungan kerja yang baik, Babinsa dalam kegiatan komsosnya juga membahas tentang netralitas TNI, dimana TNI tidak boleh berpihak. Kami tidak ikut dan tidak membantu salah satu kontestan baik dalam pileg maupun pilpres," ujarnya.

"TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Politik TNI adalah politik negara," kata Sertu Sudiana lagi.

Sertu Sudiana meminta masyarakat ketika menemukan hal-hal yang berpotensi menimbulkan ancaman dalam pelaksanaan pemilu agar segera melaporkannya.

"Sehingga dapat dengan cepat ditangani oleh pihak yang berkompeten karena salah satu tugas TNI adalah mengamankan dan ikut mensukseskan  Pemilu. Itu tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri," ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara,S.H., M.I.P., mengakui telah mengerahkan babinsa untuk anjangsana dan komsos demi pemilu aman. Diharapkan dalam komsos, Babinsa menyampaikan pesan keamanan agar warga masyarakat paham dan ikut menjaganya.

Pewarta: Hikmat Raharjo Oetomo
Editor: witokaryono
Sumber: RRI