RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pekan Ini, RRI Kembali Gelar Gerakan Cerdas Memilih

Pekan Ini, RRI Kembali Gelar Gerakan Cerdas Memilih

15 September 2023 11:00 WIB
Pekan Ini, RRI Kembali Gelar Gerakan Cerdas Memilih
Logo baru RRI. (Foto: Dok RRI)

KBRN, Jakarta: Pemerintah telah menetapkan tanggal 14 Februari 2023 sebagai hari Pemilu Serentak. Dalam rangka ikut menyukseskan Pemilu 2024, RRI menggelar program ‘Gerakan Cerdas Memilih’ atau GCM, Minggu (17/9/2023).

Program ini strategis untuk menyampaikan informasi objektif dan akurat kepada masyarakat dari proses. Hingga calon, dan isu-isu penting dalam pemilihan umum.

Dengan demikian masyarakat, termasuk pemilih muda/pemula diharapkan akan mendapatkan akses yang komprehensif terkait Pemilu 2024. Ketua Panitia GCM RRI Jakarta dan Pusat Pemberitaan Istikomah menyebut, tujuan program GCM: "Satu Suara Untuk Indonesia” adalah untuk memberikan pemahaman yang luas kepada masyarakat.

"Khususnya pemilih muda, tentang proses pemilu, pentingnya partisipasi. Serta hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam Pemilu 2024," kata Istikomah.

"Melalui GCM yang kami gelar akan memberikan edukasi kepada Pemilih Muda dan Pemilih Perempuan dengan menghadirkan narasumber dari KPU. Juga Bawaslu, Anggota Komisi satu DPR-RI, Pj Gubernur DKI Jakarta serta pengamat politik selaku narasumber," katanya melanjutkan.

Data KPU RI 2023 menunjukkan jumlah pemilih muda pada Pemilu 2024 ada sekitar 107 juta orang atau 55 persen. Sehingga Pemilu 2024 akan didominasi pemilih muda berusia 17-40 tahun, yakni mereka yang tergolong dalam Generasi Z dan Milenial.

Oleh karena itu, Pemilu 2024 sejatinya akan jadi momen krusial bagi kalangan muda untuk menentukan arah masa depan Indonesia. Sebab segala cetak biru dan keberlanjutan masa depan Indonesia akan sangat bergantung pada pemilih muda tersebut.

Berdasarkan latar belakang itulah Gerakan Cerdas Memilih: “Satu Suara Untuk Indonesia” ini diselenggarakan dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat. Termasuk pemilih muda, agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar.

Sehingga Pemilu 2024 diharapkan berlangsung Luber dan Jurdil, menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Tentunya untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

GCM akan dilaksanakan hari m
Minggu, 17 September 2023 mulai pukul 06.00 WIB. Diawali jalan sehat dan hiburan dari artis serta Bazar UMKM dari pelaku usaha.

Dimulai dari Halaman Parkir RRI Jakarta hingga ke Kawasan Sarinah. Kemudian finish atau selesai di Halaman RRI Jakarta Merdeka Barat.

“Data yang kami peroleh hingga saat ini, tercatat sekitar 1.200 peserta akan ikut dalam Jalan Sehat GCM RRI Jakarta dan Pusat Pemberitaan RRI. Termasuk didalamnya dari Jajaran Dewan Pengawas dan Direksi RRI," kata Istikomah.

Ia mengatakan, melalui sosialisasi program pemilu Gerakan Cerdas Memilih: “Satu Suara Untuk Indonesia” ini diharapkan masyarakat, khususnya pemilih muda. Dapat menjadi pemilih yang cerdas, partisipatif, dan bertanggung jawab.

"Dalam memilih pemimpin mereka tentunya. Serta terlibat aktif dalam membangun negara yang demokratis dan berkeadilan," ucap Istikomah.

Pewarta: Mosita
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI