RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Elite Parpol Diminta Tetap Jaga Stabilitas Politik

Elite Parpol Diminta Tetap Jaga Stabilitas Politik

30 Agustus 2023 10:52 WIB
Elite Parpol Diminta Tetap Jaga Stabilitas Politik
Ilustrasi persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Stabilitas politik, keamanan, dan ekonomi sangat dipengaruhi oleh elite partai politik (parpol). Jelang Pemilu 2024 ini, elite parpol diminta tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang membuat gaduh hingga mengganggu stabilitas politik.

"Yang memberi pengaruh adalah elit politik, karena menjadi panutan dari masyarakat kita ketika bertindak dan bersikap. Sehingga, kita minta ungkapan pernyataan dari para elit jangan membuat stabilitas politik kita terganggu," kata Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas saat berbincang dengan PRO3 RRI, Rabu (30/8/2023).

Pada Pemilu 2024, Fernando menginginkan, elite parpol membuat pernyataan sejuk dan berdemokrasi tinggi. Jangan sampai, mengeluarkan ucapan-ucapan yang justru menjadi pemicu kegaduhan di masyarakat.

"Buatlah pernyataan yang sejuk, karena inikan pesta demokrasi, mari sama-sama elite politik membuat pernyataan dan tindakan yang sejuk. Jangan membuat gaduh," ucap Fernando.

Lanjutnya, Fernando menegaskan, masyarakat harus cerdas juga dalam menyikapi sebuah informasi yang disampaikan elite parpol. Dalam pesta Pemilu 2024 diprediksi, bakal banyak hoaks dan ujaran kebencian, terutama di medsos.

"Tahun-tahun politik itu semakin banyak hoaks. Beredar di media sosial (medsos)," ujar Fernando.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI