RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kurangi Transaksional Politik, Pakar Nilai Peran Media Penting

Kurangi Transaksional Politik, Pakar Nilai Peran Media Penting

27 Agustus 2023 23:20 WIB
Kurangi Transaksional Politik, Pakar Nilai Peran Media Penting
Ilustrasi Membaca Berita untuk Meningkatkan Literasi. (Foto: ist)

KBRN, Jakarta: Pengamat Komunikasi Politik Universitas Airlangga Suko Widodo mengatakan peran media dalam demokrasi harus dioptimalkan. Hal itu untuk menumbuhkan literasi atau kemelekan politik di masyarakat sehingga mencegah adanya transaksional.

Menurutnya, metode pengenalan secara konvesional melalui spanduk, baliho, dan masyarakat menjadi rujukan masyarakat saat ini. Tetapi, itu hanya sebagai pengenalan saja tidak membangun literasi di masyarakat mengenai politik.

"Dalam negara demokratis peran media begitu sangat penting untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Untuk itu, banyaknya kampanye konvesional itu menandakan masyarakat yang kurang literasi politik sehingga marak praktik transaksi," kata Suko Widodo dalam dialog Pro3 RRI, Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Namun demikian, Suko yakin saat ini masyarakat juga sudah mulai berani mengadu jika ada peserta pemilu melakukan pelanggaran. Alasannya, saat ini media sosial sudah berkembang pesat sehingga keluhan-keluhan dapat langsung dilaporkan.

"Peran Bawaslu dan masyarakat dalam mengambil pengawasan perlu ditegakkan. Apalagi era (teknologi) saat ini," katanya.

Pewarta: Bara
Editor: Cecep
Sumber: RRI