RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPAI Ajak Seluruh TPN Ciptakan Pemilu Ramah Anak

KPAI Ajak Seluruh TPN Ciptakan Pemilu Ramah Anak

27 November 2023 23:10 WIB
KPAI Ajak Seluruh TPN Ciptakan Pemilu Ramah Anak
Komisioner KPAI Sylvana Maria dan Wakil Sekretaris Tamu Hukum dan Advokasi Probowo-Gibran Francine Widjoyo memegang surat pernyataan dari seluruh Tim Pemenangan Nasional (TPN) masing-masing paslon untuk menciptakan pemilu ramah anak. Penandatanganan itu dilakukan usai KPAI dan seluruh TPN melakukan dialog kebijakan di Kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). (Foto: RRI/Fitratun Komariah)

KBRN, Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak para Tim Pemenangan Nasional (TPN) untuk sama-sama berkomitmen menciptakan Pemilu Ramah Anak. Pihaknya membuat pernyataan hitam di atas putih untuk kemudian ditandatangani oleh masing-masing TPN paslon capres-cawapres. 

Komisioner KPAI Sylvana Maria meminta kepada para TPN untuk menyikapi pemenuhan hak-hak anak secara serius. Serta tidak melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye. 

"Dialog kebijakan partai ini bertujuan untuk memastikan terjadinya pengarusutamaan anak di dalam proses maupun hasil pemilu 2024. Hari ini kami berkoordinasi dengan TPN, KPAI berharap dialog konstruktif menciptakan pengarusutamaan hak anak, baik selama proses pemilu dan sesudah hasil pengumuman pemilu," kata Sylvana dalam dialog kebijakan bersama TPN, di Kantor KPAI Jakarta, Senin (27/11/2023).

Sylvana mengatakan, pihaknya akan terus memantau dan mengawasi pergerakan partai politik sebelum dan sesudah kampanye. KPAI juga mengimbau kepada seluruh TPN untuk memperhatikan pelanggaran-pelanggaran seperti black campaign atau kampanye gelap. 

"Konsen KPAI adalah untuk pencegahan dan mengurangi damagenya atau daya rusak dari kampanye seperti ini. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh tpn untuk memperhatikan pelanggaran seperti ini," ujarnya. 

Pewarta: Fitratun Komariah
Editor: Bara
Sumber: RRI