RRI

Presiden Restui Mahfud Jadi Cawapres Ganjar

18 Oktober 2023 21:20 WIB
Presiden Restui Mahfud Jadi Cawapres Ganjar
Presiden Joko Widodo memberi izin Menkopolhukam Mahfud MD mendaftarkan diri sebagai calon wakil presiden. Surat permohonan sudah disampaikan Mahfud pada Rabu (18/10/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo merestui Menkopolhukam Mahfud MD menjadi calon wakil presiden. Mahfud akan menjadi pasangan calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden 2024. 

"Persetujuan  Bapak Presiden meliputi persetujuan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Untuk dicalonkan oleh Parpol atau Gabungan Parpol sebagai Cawapres pada pemilu Presiden dan Wapres tahun 2024," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Rabu (18/10/2023). 

Presiden, menurut Ari, juga memberi izin Mahfud untuk cuti mendaftar sebagai cawapres. Mahfud akan mendaftarkan diri sebagai cawapres esok, 19 Oktober 2023.

"Dan persetujuan Bapak Presiden untuk Izin Cuti  Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan pada tanggal 19 Oktober 2023. Untuk melaksanakan pendaftaran sebagai Cawapres pada pemilu Presiden dan Wapres 2024," ucapnya lebih lanjut. 

Surat persetujuan dari Presiden menurut Ari telah diproses secara administratif oleh Mensesneg. Dan telah disampaikan oleh Mensesneg melalui surat kepada MenkoPolhukam, dengan tembusan ke KPU RI dan Bawaslu RI. 

Sementara, Ari mengatakan, permohonan Mahfud menghadap Presiden Jokowi akan dijadwalkan. Khususnya setelah Presiden kembali ke tanah air dari kunjungan kerja ke Beijing dan Riyadh.

Pewarta: Pradipta
Editor: Bara
Sumber: RRI