RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polri Kerahkan Ratusan Ribu Personel Amankan Proses Pemilu

Polri Kerahkan Ratusan Ribu Personel Amankan Proses Pemilu

17 Oktober 2023 13:55 WIB
Polri Kerahkan Ratusan Ribu Personel Amankan Proses Pemilu
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi sejumlah pejabat TNI dan Polri memeriksa peserta gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024 (Foto: RRI/Anto)

KBRN, Jakarta: Mabes Polri mengerahkan lebih dari 260 ribu personel di seluruh Indonesia untuk pengamanan selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024. Kegiatan bersandi Operasi Mantab Brata 2023-2024 ini akan berlangsung mulai 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Monas, Jakarta, Selasa (17/10/2023). Selain dari Polri, apel tersebut juga diikuti personel gabungan dari unsur TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gelar pasukan ini bertujuan untuk pemeriksaan akhir kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang digunakan operasi tersebut. "Sinergi seperti ini sangat diperlukan guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024," kata Kapolri.

Polri juga telah menyusun pola pengamanan pemilu berdasarkan zonasi wilayah bagi personel Korps Brimob dan Dalmas Nusantara. Untuk Korps Brimob terbagi dalam empat wilayah, sedangkan Dalmas Nusantara terbagi atas tujuh zonasi.

Selain itu, Polri menyiapkan dua ribu personel Brimob "Power Hand" Kapolri, didukung 8.500 personel Dalmas Nusantara. “Mereka  siap dimobilisasi kapan pun dan di mana pun ke seluruh wilayah Indonesia,” ujar Kapolri, menegaskan.

Kegiatan gelar pasukan ini juga disaksikan perwakilan dari Mabes TNI, KPU, Kejaksaan Agung, parpol dan sebagainya. Sejumlah kendaraan taktis dan operasional milik Polri, TNI dan Pemprov DKI  juga ikut ditampilkan. 

Di antaranya mobil patroli, water canon, rantis brimob dan sebagainya. Sementara sejumlah panser Anor milik TNI dan mobil pemadam kebakaran milik Pemprov DKI juga tampak disiagakan.

Pewarta: Agus Wijananto
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI