RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sejumlah 640 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pemilu di Tangerang

Sejumlah 640 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pemilu di Tangerang

14 Oktober 2023 23:30 WIB
Sejumlah 640 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pemilu di Tangerang
Polres Metro Tangerang Kota melakukan simulasi pengamanan Pemilu 2924 (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang : Polres Metro Tangerang Kota bakal menerjunkan 640 personel gabungan dalam melakukan pengamanan Pemilu 2024 mendatang. Untuk mematamgkannya Korp Bhayangkara menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2024.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, pelaksanaan simulasi bertujuan untuk mematangkan kesiapan personel dilapangan menghadapi Pemilu 2024. Personel gabungan itu terdiri dari TNI/Polri.

"Kami melakukan pemeriksaan persiapan personil serta prasarana dan mengevaluasi cara bertindak yang akan dilakukan personel. Khususnya di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," ujarnya, Sabtu (14/10/2023).

Zain menjelaskan bahwa dalam simulasi ini berbagai skenario diuji, termasuk pengamanan tahapan kampanye, masa tenang. Bahkan, pengamanan logistik di tempat pemungutan suara (TPS) hingga rapat pleno rekapitulasi surat suara di KPU.

Tujuannya, sambung Zein, adalah agar setiap anggota dan personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu nantinya memahami peran dan tugas mereka masing-masing. Tentunya dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi.

"Pada saat pelaksanaan patroli dalam skala besar. Hal itu untuk menciptakan kondisi yang kondusif dalam masyarakat dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban adalah salah satu fokus kami," ucap Zain.

"Kemudian, pengamanan di TPS, pengamanan rapat pleno, serta menghadapi situasi yang berkisar antara kondisi aman, waspada darurat juga menjadi bagian dari pelatihan ini. Kami juga mengkaji penertiban APK (Alat Peraga Kampanye, Red)," tambah Zain.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Pessy
Sumber: RRI