RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Optimis Suasana Pilkada 2024 Tidak 'Panas'

​KPU Optimis Suasana Pilkada 2024 Tidak 'Panas'

12 Oktober 2023 09:08 WIB
​KPU Optimis Suasana Pilkada 2024 Tidak 'Panas'
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat berpidato di acara Bappenas RI, di Kantor Bappenas, di Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari merasa optimis, suasana Pilkada Serentak 2024 tidak akan panas atau persaingan seperti pilkada tahun sebelumnya. Karena, parpol peserta Pemilu 2024 pastinya menunggu hasil pemungutan suara pesta demokrasi lima tahunan lebih dahulu.

Terutama, kata KPU, parpol menunggu hasil Pemilu 2024 untuk DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota. Hasilnya, pastinya dijadikan parpol untuk menentukan pencalonan kepala daerah, di Pilkada 2024.

"Nanti coblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari, 35 hari kemudian harus sudah ada penetapan hasil pemilu secara nasional. Sehingga, kurang lebih 20 Maret (2024), tahu hasil pemilu terutama untuk DPRD Provinsi, kabupaten/kota," kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Karena hasil pemilu tidak dapat diprediksi, menurut Hasyim, parpol dipastikan akan menahan diri. Yakni, dalam konteks kompetisi Pilkada Serentak 2024.

"Konfliknya tidak keras, karena sama-sama menunggu hasil suaranya di DPRD, berapa yang dijadikan modal untuk syarat pencalonan pilkada. Sehingga sangat mungkin situasinya terjadi sekarang sedang sebagai lawan atau kompetitor," ucap Hasyim.

Kemudian, Hasyim menuturkan, situasi lainnya dalam pilkada, koalisi juga belum terbentuk secara pasti. Kondisi tersebut, sangat berbeda ketika zaman Pilkada 2017 DKI Jakarta.

"Dalam situasi yang lain, dalam pilkada, bisa jadi menjadi kawan dalam suatu koalisi, demikian juga dalam pemilu presiden. Di satu sisi jadi kawan satu koalisi, tapi di waktu yang bersamaan jadi kompetitor untuk pemilu legislatif," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI