RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Pemimpin Negara Hasil Pemilu Diharapkan Jaga Keseimbangan Pembangunan

​Pemimpin Negara Hasil Pemilu Diharapkan Jaga Keseimbangan Pembangunan

9 Oktober 2023 14:08 WIB
​Pemimpin Negara Hasil Pemilu Diharapkan Jaga Keseimbangan Pembangunan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada acara sosialisasi Pemilu di Kantor Bapennas, Jakarta, Senin (9/10/2023) (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Para pemimpin negara yang terpilih dari Pemilu 2024 diharapkan dapat menjaga keseimbangan pembangunan negara. Demikian dikatakan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada acara sosialisasi di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (9/10/2023). 

Menurut dia, sosialisasi Pemilu 2024 di kementerian/lembaga  merupakan pertemuan strategis karena menyangkut kebijakan pemerintah yang akan datang. "Partai politik memiliki kedudukan strategis dalam politik demokrasi Indonesia, terutama dalam mengisi jabatan-jabatan kenegaraan," ujar Hasyim.

Karena itu, Hasyim berharap sosialisasi pemilu menjadi kesempatan strategis untuk memanfaatkan pembangunan Indonesia secara maksimal. Sehingga, penting untuk melihat visi dan misi serta program kerja parpol maupun bacaleg.

"Calon-calon ini mestinya mengumandangkan sisi program kerjanya sebagai peserta pemilu," ujarnya. Sebab nantinya hal itu akan diaplikasikan ke dalam pemerintahan.

Hasyim memberi contoh soal sinkronisasi rencana tata ruang dan wilayah antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah. "Harus ditentukan bersama pemanfaatan tanah di tingkat kabupaten/kota itu berdasarkan rencana pusat atau otonomi daerah," katanya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI