KBRN, Jakarta: KPU RI mengajak generasi muda berpartisipasi penuh mengikuti Pemilu 2024 mendatang. Sebab, 56 persen dari 204 juta DPT (Daftar Pemilih Tetap) merupakan generasi milenial dan Gen Z.
Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Cahyo Ariawan mengatakan, KPU memanfaatkan digitalisasi untuk menyalurkan informasi kepada milenial. KPU menggunakan seluruh platform media sosial untuk itu.
"Perlunya peningkatan digitalisasi, kenapa? Karena digital ini menjadi market kaum muda mendapat informasi," katanya dalam acara FGD 'Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Menyukseskan Pemilu Pilkada Serentak 2024', di Kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).
Cahyo mengungkapkan, KPU mengapresiasi beberapa pihak yang menggelar lomba iklan masyarakat terkait Pemilu 2024. Menurutnya, hal tersebut mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.
"Kami juga lakukan lomba jingel untuk pengamen jalanan, pengamen itu cover di pinggir jalan, lalu, video di tayangkan di ruang publik. Kalau kita nilai, ini kan tidak mahal," ucap Cahyo.
Ia menambahkan, KPU juga berterima kasih kepada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI). RRI dinilai masif menggelar GCM (Gerakan Cerdas Memilih) Pemilu 2024, dengan target sasaran generasi milenial dan Gen Z.
"Terima kasih kepada RRI sudah membantu kami (melalui GCM). Lalu TVRI membuat iklan tayangan gerakan anti politik uang," ujar Cahyo.
Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI