RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Sidang Lanjutan Kasus Bawaslu-KPU RI, Direncanakan Minggu Depan

​Sidang Lanjutan Kasus Bawaslu-KPU RI, Direncanakan Minggu Depan

9 September 2023 07:20 WIB
​Sidang Lanjutan Kasus Bawaslu-KPU RI, Direncanakan Minggu Depan
Anggota Majelis DKPP I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi seusai melaksanan sidang di Kantor Bawaslu Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (8/9/2023). (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: DKPP RI masih mengatur jadwal sidang lanjutan, perkara laporan Bawaslu RI kepada KPU RI. Direncanakan, sidang lanjutan Bawaslu dengan KPU dilakukan minggu depan.

"Tim persidangan sedang mengatur jadwal, kita lihat dalam sidang perdana kemarin itukan direncanakan minggu depan. Tentu, nanti kami akan berkoordinasi melalui bagian persidangan, ini penting karena pada prinsipnya," kata anggota Majelis DKPP I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi seusai melaksanan sidang di Kantor Bawaslu Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (8/9/2023).

Dewan mengakui, DKPP harus mampu mengatur sidang perkara Bawaslu dengan KPU tanpa menggaggu tahapan penyelenggara Pemilu 2024. Meski sebuah tantangan, proses penyelesaian kasus tentang terbatasnya akses Silon dari KPU kepada Bawaslu harus diselesaikan DKPP.

"Persidangan harus bisa dilakukan dengan tidak mengganggu tahapan dan berikut para pihak juga diharapkan bisa hadir. Karena ini penting untuk kemudian bisa menjadi terang perkara itu apakah terbukti atau tidak terbukti," ucap Dewa.

Lanjutnya, Dewa mengimbau, masyarakat untuk bersabar dalam proses sidang lanjutan. Masyarakat juga diminta memonitor mengawal DKPP, dalam menuntaskan perkara Bawaslu dan KPU Pusat ini.

"Nah itu upaya kami, sesuai dengan pembicaraan dalam persidangan direncanakan minggu depan. Terkait tanggalnya, jika telah ditentukan, nanti akan kami sampaikan," ujar Dewa.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI