RRI

Pemilih Pemula di Kota Bogor Capai 10 Persen

3 September 2023 17:07 WIB
Pemilih Pemula di Kota Bogor Capai 10 Persen
Dialog Tentang Pemilu 2024 pada kegiatan Gerakan Cerdas Memilih RRI Bogor, Minggu (3/9/2023) (Foto: RRI/Adi Fajar Nugraha)

KBRN, Bogor: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mengungkapkan 10 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) di sana merupakan pemilih pemula. "Jumlah ini setara 800.181 orang," kata Komisioner KPU Kota Bogor Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Dede Juhendi, Minggu (3/9/2023).

Hal itu disampaikannya pada kegiatan 'Gerakan Cerdas Memilih' yang diselenggarakan RRI Bogor. Menurut Dede, pemilih pemula ini harus diberikan edukasi mengenai agenda Pemilu 2024. 

Karena itu, KPU Kota Bogor meminta kerja sama masyarakat untuk menjelaskan tahapan maupun teknis pelaksanaan pemilu kepada mereka. "Sehingga ini dapat mendorong pemilih pemula untuk menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari 2024," ujarnya. 

Misalnya soal surat suara saat memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya. "Pemilih harus mengetahui ada lima jenis surat suara," ucap Dede.

Program Gerakan Cerdas Memilih RRI 2023 menjadi ajang edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat terkait masalah pemilu. Mayoritas peserta yang hadir adalah anak-anak muda yang menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Pewarta: Adi Fajar Nugraha
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI