RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Manado Gunakan 'Gerakan Cerdas Memilih' untuk Sosialisasi

KPU Manado Gunakan 'Gerakan Cerdas Memilih' untuk Sosialisasi

3 September 2023 16:18 WIB
KPU Manado Gunakan 'Gerakan Cerdas Memilih' untuk Sosialisasi
Sekretaris KPU Manado, Nolvy Lenwai, mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 pada kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang diselenggarakan RRI Manado (Foto: RRI/Velky Meicun)

KBRN, Manado: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, Sulawesi Utara kembali mensosialisasikan tahapan pemilihan umum kepada warganya. Kali ini dilakukan melalui kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang digelar RRI Manado, Sabtu (2/9/2023).

"Kami sampaikan tahapan pemilu dari yang sudah, sedang, dan akan berlangsung," kata Sekretaris KPU Manado, Nolvy Lenwai. Mulai dari pendaftaran partai politik calon peserta, verifikasi, hingga penetapan daftar pemilih.

KPU Manado juga sudah menyelesaikan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk DPRD Kota Manado. “Sekarang kami sosialisasi DCS ini kepada seluruh masyarakat Manado,” ucap Nolvy.

Menurut dia, jumlah pemilih di Kota Manado tercatat sebanyak 353.325 orang. Secara rinci, pemilih laki-laki mencapai 173.742 orang dan perempuan 179.583 orang. 

Nolvy juga menginformasikan lima daerah pemilihan (dapil) di Kota Manado. Di antaranya Wenang-Wanea, Sario-Malalayang, Bunaken-Tuminting-Bunaken Kepulauan, Singkil-Mapanget dan Tikala-Paal Dua.

KPU Manado juga menyebutkan bahwa terdapat 261 tempat pemungutan suara (TPU) yang tersebar di 87 kelurahan se-Kota Manado. Sedangkan pada akhir Desember 2023 akan ditetapkan 9.591 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditambah 2.742 anggota pengamanan. 

Pewarta: Velky Meicun
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI