RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polda Banten Siapkan Tim Siber Tangkal Hoaks Pemilu

Polda Banten Siapkan Tim Siber Tangkal Hoaks Pemilu

28 November 2023 05:30 WIB
Polda Banten Siapkan Tim Siber Tangkal Hoaks Pemilu
Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menyatakan telah menyiapkan tim siber untuk menangkal hoaks sepanjang Pemilu 2024. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Banten: Polda Banten telah menyiapkan tim siber sepanjang Pemilu 2024 untuk menangkal hoaks atau berita bohong. Bahkan, kepolisian telah bekerja sama dengan pihak penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Kita punya siber, di krimsus kita ada tim siber, sementara cyber patrol kita lakukan bekerja sama dengan Bareskrim. Ini sama halnya seperti pemilu sebelumnya yang banyak sekali hoaks," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, Senin (27/11/2023).

Kapolda menyebut kepolisian akan bekerja sama dengan seluruh penyelenggara pemilu guna memastikan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, jujur, adil, dan netral. Termasuk mengamankan jalannya kampanye akbar di tempat terbuka, agar pesta demokrasi nanti berjalan lancar tanpa ada gangguan berarti.

"Di samping itu juga pesta demokrasi yang ada di negara kita, ini juga menjadi prioritas. Kita persiapan mulai dari KPU, Bawaslu, maupun stakeholder. Kita akan sama-sama bersinergi untuk menciptakan pemilu damai, adil dan netral," ujarnya.

Menurut Kapolda, Kepolisian berkomitmen menjadi institusi yang netral pada Pemilu 2024. Masyarakat bisa melapor jika menemukan adanya Korps Bhayangkara yang memihak ke salah satu calon atau turut serta berpolitik praktis.

Nantinya, berdasarkan laporan yang disertai bukti, Bidang Propam Polda Banten akan menindak lanjutinya. Jika terbukti melanggar netralitas, oknum tersebut akan diproses sesuai peraturan yang ada.

"Apabila kita temukan hal seperti itu semua ada mekanisme sendiri. Kita ada Propam yang selalu mengawasi, misalkan nanti dari masyarakat ada pengaduan yang ditemukan polisi tidak netral, akan kita tindak lanjuti melalui Propam," kata Kapolda menegaskan.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI