RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Puluhan Dokter Dilibatkan untuk Pemeriksaan Anies-Cak Imin

Puluhan Dokter Dilibatkan untuk Pemeriksaan Anies-Cak Imin

21 Oktober 2023 08:00 WIB
Puluhan Dokter Dilibatkan untuk Pemeriksaan Anies-Cak Imin
Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin saat di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Tangkapan Layar Live Streaming)

KBRN, Jakarta: Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya mengatakan, 50 dokter dilibatkan untuk rangkaian pemeriksaan kesehatan pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin. Hal ini dilakukan bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sabtu (21/10/2023) hari ini.

"Pemeriksaan ini telah rutin dilaksanakan di RSPAD. Kami siap melaksanakan mandat dari KPU untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres," ujarnya saat keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023).

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini sesuai dengan mandat dari peraturan perundangan. Di mana diisyaratkan bakal capres-cawapres untuk Pemilu harus sehat secara jasmani, rohani, hingga bebas dari penggunaan narkoba.

Budi lantas menjelaskan pemeriksaan kali ini dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD. Serta kolegium dokter sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi antara 8 sampai 10 jam," ujarnya. Namun, kata dia, total waktu pemeriksaan bergantung dari masing-masing tahapan pemeriksaan yang mereka jalani

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dengan prinsip profesional. Juga independen, dan dapat dipercaya," katanya menegaskan.

Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023). Cak Imin tiba terlebih dulu pukul 06.52, sementara Anies pukul 06.57 WIB.

Keduanya sama-sama memakai kemeja formal serba putih dan celana hitam. Mereka mengaku sudah puasa untuk menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini.

Pewarta: Mosita
Editor: Allan
Sumber: RRI