RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Wapres Minta Kontestan Pemilu Hindari Narasi Konflik

Wapres Minta Kontestan Pemilu Hindari Narasi Konflik

20 Oktober 2023 08:52 WIB
Wapres Minta Kontestan Pemilu Hindari Narasi Konflik
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, menghadiri acara Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara, di GOR Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamis (19/10/2023). (Poto: BPMI Setwapres)

KBRN, Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) dapat menjadi ajang konflik di tengah masyarakat. Khususnya akibat terjadinya persaingan politik yang sengit dan penggunaan narasi kebencian.

Karena itu, untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, para kontestan diimbau agar membuat pakta integritas. Hal ini untuk mencegah penggunaan narasi-narasi negatif yang dapat memicu konflik.

“Para kontestan ini harus membuat pakta integritas untuk tidak melakukan hal-hal (seperti) ucapan, tindakan, provokasi. Jangan sampai menggunakan narasi yang mengarah terjadinya potensi konflik ataupun kebencian,” kata Wapres dalam acara Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara, di GOR Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamis (19/10/2023).

Kepada para pendukung masing-masing kontestan, Wapres mengimbau agar tidak saling menghina satu sama lain. Ia mempersilahkan mereka untuk saling beradu ide dan gagasan, dengan tidak merendahkan pihak yang lain.

“Mereka boleh menjual calonnya, tapi tidak menjelekkan calon yang lain, yang berpotensi terjadinya konflik, untuk para pendukung, ini penting,” ucap Wapres. Wapres juga meminta para pimpinan partai politik, untuk memainkan perannya secara bersih dan jujur, sehingga Pemilu berjalan dengan baik.

Selain itu, kepada para pihak penyelenggara Pemilu, yakni KPU, Bawaslu, dan DKPP, ia juga mengingatkan agar betul-betul adil, dan berpegang teguh pada aturan yang benar. “Jangan ada pemihakkan, itu juga harus, kalau tidak, (maka) akan terjadi protes-protes,” katanya.

Wapres juga menekankan agar ASN dan pemerintah daerah untuk terus bersikap netral. Sementara pihak keamanan juga diimbau tetap menjaga netralitas, dan tidak berpihak pada kontestan tertentu.

“Kalau semua ini bisa kita lakukan dengan baik, insya Allah Pemilu berjalan (dengan baik). Tidak ada konflik dan selamat,” katanya.

Pewarta: Rizky Basuki
Editor: Allan
Sumber: RRI