RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mabes Polri Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Pemilu

Mabes Polri Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Pemilu

17 Oktober 2023 07:05 WIB
Mabes Polri Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Pemilu
Personil Polri bersiap mengikuti Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata di Monas (Foto: RRI/Anto)

KBRN, Jakarta: Mabes Polri melakukan gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang melibatkan ribuan personil di kawasan Monas, Jakarta, Selasa pagi (17/10/2023). Ini menandai dimulainya operasi pengamanan Pemilu 2024 secara serentak di seluruh Indonesia yang akan berlangsung selama  222 hari.

Apel gelar pasukan ini akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Tujuannya adalah untuk pemeriksaan akhir kesiapan personel, alat serta sarana dan prasarana yang digunakan Polri dalam pengamanan Pemilu 2024.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 ini melibatkan 434.197 personel Polri di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat Mabes hingga seluruh polda jajaran.

Dari pantauan RRI, seluruh personil Polri dari berbagai kesatuan sudah bersiap di lapangan Monas. Mulai dari pasukan Brimob, reserse sampai polisi lalu lintas dan sebagainya.

Sejumlah kendaraan taktis dan operasional Polri juga sudah berjejer di area upacara. Seperti mobil patroli, kendaran taktis (rantis) Anoa, Water Canon, dan lain-lain.

Selain unsur Polri, gelar pasukan ini juga diikuti personil dari TNI dan unsur Pemda DKI. Sejumlah prajurit TNI, panser, mobil pemadam kebakaran, mobil Dishub juga ikut dalam barisan upacara.

Upacara gelar pasukan ini juga dilakukan serentak di seluruh Polda di Indonesia. Dan ini menandai dimulainya operasi pengamanan Pemiu 2024


Pewarta: Agus Wijananto
Editor: Mosita
Sumber: RRI