RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kapuspen Minta Prajurit dan PNS TNI Laporkan Hoaks

Kapuspen Minta Prajurit dan PNS TNI Laporkan Hoaks

19 September 2023 10:40 WIB
Kapuspen Minta Prajurit dan PNS TNI Laporkan Hoaks
Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono saat berpidato dalam suatu acara. Terkait pemilu 2024 ia minta prajurit dan PNS TNI waspada berita hoaks.(Foto: Puspen TNI)

KBRN, Jakarta: Prajurit dan PNS TNI diwajibkan meningkatkan kepekaan dan kesigapan jelang Pemilu 2024. Terutama, dalam persoalan berita bohong (hoaks) dan segera melaporkannya ke Komando bila menemukan berita seperti itu.

"Pasti banyak sekali berita-berita Hoaks, hal ini harus diantisipasi. Apabila menemukan hoaks, instansi TNI, segera lapor ke komando atas agar temuan bisa segera ditindaklanjuti,” kata Kapuspen Laksda TNI Julius Widjojono dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (19/9/2023).
 
Julius mengungkapkan, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengingatkan semua prajurit menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu serentak 2024. Seluruh Prajurit dan PNS TNI harus hati-hati dengan semakin maraknya berita hoaks.

“Panglima TNI meminta seluruh Prajurit, PNS dan Keluarga TNI untuk mewaspadai hoaks menjelang Pemilu serentak 2024.  TNI juga harus sigap berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk melawan berita-berita hoaks,” ucap Julius.

Tidak sampai itu, Julius menegaskan, penyebaran berita hoaks harus bisa diatasi dan diantisipasi. Karena, semua masalah pasti ada solusinya.

"Setidaknya ada enam langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoaks dan mana berita asli. Pertama, hati-hati dengan judul provokatif, kedua, cermati alamat situs, ketiga, periksa fakta, keempat, cek keaslian foto," ujar Julius.

"Kelima, ikut serta grup diskusi anti-hoaks. Keenam, jadikan media sosial menjadi sarana untuk mendapatkan informasi,” katanya, mengakhiri.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI