RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Caleg Incar Balik Modal Akibat Biaya Politik Tinggi

Caleg Incar Balik Modal Akibat Biaya Politik Tinggi

3 September 2023 14:19 WIB
Caleg Incar Balik Modal Akibat Biaya Politik Tinggi
Anggota Komisi XI DPR, Masinton Pasaribu (kanan), pengamat politik Ujang Komarudin (tengah), dan Peneliti FORMAPPI Lucius Karus (kiri) menjadi nara sumber pada diskusi RRI dengan tema 'Jalan Menuju Parlemen, di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta, Minggu (3/9/2023) (Foto: RRI/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Biaya politik yang tinggi membuat banyak anggota legislatif berusaha mengembalikan modal yang dikeluarkan selama proses pencalonan. "Tidak ada makan siang yang gratis," kata anggota DPR Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu, Minggu (3/9/2023). 

Menurut dia, hal seperti itu sudah pasti mengancam kualitas demokrasi di Indonesia. "Biaya politik tinggi tidak baik karena orang pasti mengejar untuk balik modal," ujarnya.

Karena itu, Masinton meminta seluruh masyarakat agar tegas menolak politik uang, pemanfaatan isu SARA, dan hoaks. "Pemilu ini harus dijaga kualitasnya," ucapnya.

Selanjutnya Masinton menekankan agar masyarakat mengetahui rekam jejak peserta Pemilu 2024 sebelum memilih. Semua itu demi mewujudkan calon pemimpin dan wakil rakyat yang kredibel dan berintegritas.

"Jangan sampai masyarakat terhipnotis dan terkecoh," ucapnya. Mantan aktivis mahasiswa itu menambahkan bahwa rekam jejak di era teknologi ini bisa dengan mudah diketahui.

Apalagi, lanjutnya, Pemilu 2024 bakal didominasi suara kalangan Generasi Milenial dan Gen Z. "Sehingga, jangan sampai pemilih pemula dan muda itu termakan ucapan manis peserta pemilu," kata Masinton.

Terakhir, Masinton mengatakan masyarakat harus menjadi pemilih cerdas, mandiri, dan rasional. "Di dapil saya ini 68 persennya menolak politik uang yang menandakan generasi sekarang sudah lebih berkualitas," ujarnya.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI