RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Gedung KPU Mulai Dipadati Pendukung Prabowo-Gibran

​Gedung KPU Mulai Dipadati Pendukung Prabowo-Gibran

25 Oktober 2023 09:48 WIB
​Gedung KPU Mulai Dipadati Pendukung Prabowo-Gibran
Para pendukung Bacapres/Bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menunggu di depan Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Suasana di depan Gedung KPU RI, Jakarta, sejak pukul 09.00 WIB, Rabu (25/10/2023), mulai dipadati para pendukung Bacapres/Bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Para pendukung yang hadir bermacam-macam kelompok.

Terlihat, jajaran pendukung yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra, PAN, Golkar, PBB, PSI, Garuda, Gelora, hingga Prima. Para pendukung sabar menunggu Prabowo-Gibran hadir di KPU.

Karena saat ini, dikabarkan Prabowo-Gibran masih berada di Stadion Indonesia Arena, di Senayan. Prabowo-Gibran di tempat tersebut, menyapa masyarakat dan pendukung, sekaligus pengenalan pertama kepada publik.

Pihak kepolisian dan TNI di KPU RI, nampak berjaga ketat. Mereka membentuk barisan untuk mengawal keamanan para pendukung Prabowo-Gibran agar berjalan kondusif.

Terlihat mobil-mobil taktis pengamanan seperti Mobil Gegana, Water Canon, hingga Mobil Anjing Pelacak K9. Untuk kondisi arus lalu lintas dari Bundaran HI menuju KPU terpantu padat pancar.

Namun, dari arah Kuningan menuju Menteng mulai macet. Namun, kondisi jalan masih bisa dilalui kendaraan dengan jalan perlahan.

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, rombongan pendamping Bacapres/Bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berkumpul di Kartanegara, Jakarta. Setelah berkumpul dan sebelum menuju KPU RI, Prabowo-Gibran bersama para ketua umum KIM (Koalisi Indonesia Maju) menuju Senayan.

Selama di Senayan, Muzani menegaskan, Prabowo-Gibran akan menyapa para pendukungnya di Stadion Indonesia Arena. Ditempat itu juga, Prabowo-Gibran akan berpidato dihadapan pendukung.

"Besok rombongan berangkat dari kediaman (Prabowo) di Kartanegara 4, menuju Stadion Indonesia Arena. Keberangkan dari kartanegara ke Indonesia Arena pagi, didampingi para ketum KIM," kata Muzani dalam acara konferensi pers Sekjen KIM di kawasan  Jl. Sriwijaya No. 35, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Muzani menjelaskan, Stadion Indonesia Arena menjadi acara perkenalan pertama antara masyarakat dengan Prabowo-Gibran. Direncanakan, Prabowo-Gibran sampai di tempat tersebut pukul 09.00 WIB.

"Capres-cawapres menyapa dan pidato di hadapan pendukung, dan meninggalkan (tempat acara) setelah dibacakan doa. Menuju kantor KPU di menteng," ucap Muzani.

Namun, Prabowo-Gibran tidak langsung ke KPU. Kata Muzani, bacapres/bacawapres besutan KIM itu, berkumpul lebih dulu di Taman Suropati.

"Di sana berangkat, Taman Suropati, di iringi kirab budaya mewakili kesenian yang ada di seluruh indonesia. Pakaian adat di Indonesia," ujar Muzani.

Barulah, dari Taman Suropati, Prabowo-Gibran menuju Kantor KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024. Rencananya, Prabowo-Gibran mendaftar sebagai capres-cawapres di KPU pukul 10.00 WIB, Rabu (25/10/2023).

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI