RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Minta Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas KPPS

KPU Minta Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas KPPS

13 Oktober 2023 20:50 WIB
KPU Minta Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas KPPS
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. (Foto: Ist)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Daerah diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengawas KPPS di Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. 

“Saya meminta kepada Pemda untuk memberikan pemeriksaan kesehatan agar teman-teman yang bertugas dalam keadaan sehat. Kemudian saya mendorong optmalisasi jaminan sosial di sektor ketenagakerjaan,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/10/2023). 

Hasyim mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemda dan KPU Provinsi untuk menganggarkan pengadaan Jamsos tersebut. Menurut Hasyim, pengadaan Jaminan Sosial itu menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh petugas KPPS.

"Dalam Pilpres tersebut salah satu kategori kerjaan yang mendapatkan jaminan sosial adalah penyelenggara Pemilu. Sehingga dapat diajukan dan dianggarkan dengan pemerintah masing-masing," ujar Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim akan mengawasi pada setiap daerah untuk memastikan para KPPS memiliki Jamsos saat Pilpres 2024. Hal tersebut dilakukan agar tidak kembali terjadi meninggalnya KPPS seperti Pemilu 2019. 

"Kami masih memonitor teman-teman di daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota yang sudah mendapatkan persetujuan. Salah satunya, dukungan dari pemerintah berupa jamsos ketenagakerjaan itu yang sudah dapat kepastian dukungan,” ucap Hasyim.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI