RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Jamin Logistik Pemilu 2024 Tidak Terkendala

​KPU Jamin Logistik Pemilu 2024 Tidak Terkendala

20 September 2023 08:40 WIB
​KPU Jamin Logistik Pemilu 2024 Tidak Terkendala
Komisioner KPU RI Idham Holik saat melakukan wawancara dengan awak media. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI memastikan, logistik Pemilu 2024 sudah siap dan tidak mengalami kendala. Diharapkannya, awak media turut membantu KPU dalam mempublikasikan soal logistik pemilu tersebut.

"Semuanya siap enggak ada masalah. Nanti (awak media) bantu-bantu aja," kata Komisioner KPU RI, Idham Holik saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/9/2023).

Idham pun buka suara, terkait kabar KPU menghemat Rp300 miliar pada Pilpres 2024 putaran pertama. Menurutnya, hal tersebut masih dalam pembahasan panjang dan saat ini masih fokus soal pendaftaran capres-cawapres.

"Ya itu masih (pembahasan). Ini kan masih berlangsung pendaftaran (capres-cawapres)," ucap Idham.

Sebelumnya, Bawaslu RI menegaskan, KPU harus memastikan tidak ada keterlambatan dalam distribusi logistik Pemilu 2024. Keterlambatan distribusi logistik, menjadi salah satu penyebab banyaknya petugas TPS kelelahan hingga meninggal dunia.

“Ada ketegangan di petugas TPS dalam menghadapi logistik, karena DPTHP-3 (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga) yang dikeluarkan KPU. Lalu, diperbaiki oleh MK sehari atau dua hari menjelang pemungutan suara," kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam keterangan persnya, Selasa (19/9/2023).

Dalam catatan Bawaslu, Bagja mengaku, terdapat ribuan TPS yang mengalami keterlambatan logistik. Sehingga, petugas TPS harus menunggu surat suara dan logistik hadir di TPS.

"Logistik baru hadir ketika subuh. Padahal standarnya semalam atau satu hari sebelum pemungutan suara logistik sudah sampai," ucap Bagja.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI