RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Bawaslu Dorong Mahasiswa Bantu Wujudkan Pemilu Sehat Bermartabat

​Bawaslu Dorong Mahasiswa Bantu Wujudkan Pemilu Sehat Bermartabat

14 November 2023 13:55 WIB
​Bawaslu Dorong Mahasiswa Bantu Wujudkan Pemilu Sehat Bermartabat
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Tangerang, Senin (13/11/2023). (Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawasu) Herwyn JH Malonda mendorong mahasiswa mewujudkan Pemilu 2024 secara sehat dan bermartabat. Para mahasiswa diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dalam meredam 'gesekan' dalam pesta demokrasi tersebut.

"Kami mengajak, teman-teman mahasiswa untuk bekerja sama dengan kita, bisa di dalam komunitas, keluarga, ruang diskusi. Sehingga masyarakat tercerahkan dan mendapat informasi tentang bagaimana pemilu yang baik, sehat, dan bermartabat," kata Herwyn dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, mahasiswa juga mampu menangkal politik uang pada Pemilu 2024. Bahkan, mereka, lanjut Herwyn, dapat meredam berita-berita hoaks dan SARA yang bertebaran di media sosial.

"Tidak melakukan politik uang, kalau ada informasi yang tidak benar di medsos, hendaknya saring dulu baru disebarkan. Kalau tidak bisa tervalidasi, maka lebih baik informasinya berhenti di kita,"ujarnya.

Untuk itu, Herwyn mengajak mahasiswa memberikan informasi dan mengadukan kepada Bawaslu jika ada kegiatan berpotensi pelanggaran. Seperti ketika di masa tenang masih adanya alat peraga kampanye yang terpasang.

"Kalau bisa jadi pelapor, karena sebagian besar yang melapor, adalah yang memiliki keterkaitan besar dengan peserta pemilu. Nah, kami berharap juga ada pelapor yang tidak ada kepentingan elektoral seperti teman-teman mahasiswa," ujarnya, mengakhiri.



Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI