RRI

KPU Siapkan TPS di Ponpes Saat Pemilu 2024

13 Oktober 2023 21:50 WIB
KPU Siapkan TPS di Ponpes Saat Pemilu 2024
Kantor pusat KPU RI. (Foto: Ist)

KBRN, Jakarta: Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disiapkan di setiap Pondok Pesantren pada Pemilu 2024. Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari. 

Menurut Hasyim, program tersebut sudah direncanakan sejak pemilu 2019 lalu. Namun, program itu belum dapat dilaksanakan secara maksimal dan akan dilanjutkan ke Pemilu 2024. 

“Kami identifikasi akhirnya kita akan buat TPS di lokasi khusus. Seperti di Pondok Pesantren,” kata Hasyim kepada wartawan di Kantor Pusat PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2023). 

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan program ini diperuntukan kepada para santri hingga para pengajar di Ponpes. Terlebih untuk mereka yang tidak bisa pulang pada saat Pemilu untuk mencoblos. 

"Kita akan siapkan TPS di Ponpes bagi santri hingga ustad yang kebetulan domisilinya di luar dari Ponpes. Apalagi kalau mereka tidak bisa pulang untuk nyoblos di TPS masing-masing,” ujar Hasyim. 

Oleh karena itu, KPU telah mendata pesantren yang penghuninya tidak bisa pulang. Hal ini juga untuk mengatur daftar pemilih yang menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024.

“Untuk menyukseskan Pemilu 2024, kami sudah bekerja sama dengan PBNU. Langkah tersebut ditandai dengan MoU di Kantor PBNU,” ucap Hasyim.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI