RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Minta TNI Jaga Netralitas di Tahun Politik

Presiden Minta TNI Jaga Netralitas di Tahun Politik

5 Oktober 2023 09:41 WIB
Presiden Minta TNI Jaga Netralitas di Tahun Politik
Presiden Joko Widodo saat inspeksi pasuka di Peringatan HUT TNI 78 di Silang Monas, Kamjs (5/10/2023). (Foto: RRI/Pradipta Rahadi)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh TNI untuk menjaga kondisi damai di tahun politik 2024. Kepala Negara meminta TNI untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait perbedaan yang ada merupakan hal wajar.

"Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang kalah itu juga wajar," ujar Presiden dalam amanat yang diberikan pada Peringatan HUT Ke-78, Kamis (5/10/2023). 

Presiden juga menginstruksikan TNI tetap menjaga sinergitas dengan Polri. Selain itu juga tetap memelihara watak ksatria dan sumpah prajurit.

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI. Dam tetap pelihara watak kesatria, selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," kata Presiden lebih lanjut. 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari jadi yang ke 78, pada Kamis (5/10/2023). HUT TNI kali ini mengambil tema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. 

HUT Ke-78 TNI ini dimeriahkan dengan atraksi terjun payung dan juga defile pasukan. Selain itu, Presiden dan seluruh tamu undangan juga menyaksikan langsung atraksi helikopter menari Gemu Famire di Langit Monas.

Pewarta: Pradipta
Editor: Mosita
Sumber: RRI