RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bukan Uang Semata, Masinton Bagikan Tip Menang Pileg

Bukan Uang Semata, Masinton Bagikan Tip Menang Pileg

3 September 2023 14:21 WIB
Bukan Uang Semata, Masinton Bagikan Tip Menang Pileg
Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu menjadi nara sumber pada diskusi RRI dengan tema Jalan Menuju Parlemen, di Galelery Tri Prasetya RRI Jakarta, Minggu (3/9/2023). (Foto:rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Anggota DPR RI Fraksi PDIP Masinton Pasaribu membeberkan, tip strategi politik untuk menang di pemilihan legislatif. Dapat menang di Pileg 2024, menurutnya bukan hanya soal uang belaka.

Anggota Komisi XI DPR ini mengatakan, pentingnya menjalin kedekatan dan keakraban dengan pemilih. Bisa dengan membuat rumah aspirasi untuk masyarakat sangatlah penting.

"Sejak terpilih, bentuk pertanggungjawaban buat rumah aspirasi, di Duren Tiga, Pancoran. Saya sewa, sudah ada tujuh tahun depan Potlot (Slank)," kata Masinton saat menjadi pembicara di acara dialog  'Parlemen Menjawab', di Kantor LPP RRI, Jakarta, Minggu (3/9/2023).


Masinton menjelaskan, rumah aspirasi itu merupakan jalan pintas untuk masyarakat yang ingin mengadu kepada wakil rakyatnya. Jika ke DPR RI, masyarakat akan terbentur proses administrasi yang cukup rumit.

"Karena nggak bisa masyarakat ke DPR, terbentur dengan administrasi yang ribet. Siapapun, masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, bisa bertemu dengan pemilihnya," ucap Masinton.

Lalu, Masinton menceritakan, ketika dirinya berjuang keras merebutkan kursi DPR RI. Kala itu, Pemilu 2014 dirinya mendapat nomor urut 3, pada pemilu 2019 mendapat nomor urut 4.

"Pemilu 2014, nomor 3, dari PDIP, (dapil) Jaksel, Jakpus, luar negeri. Pemilu 2019 lalu, nomor 4, turun lagi (nomor urutnya), tapi berhasil memperoleh suara terbanyak," ujar Masinton.

Mengejutkannya, Pemilu 2024, Masinton mengaku, mendapat nomor urut 7. Hal tersebut, harus membuat mantan aktivis 98 itu bekerja ekstra keras lagi.

"Pemilu 2024 ini, di nomor 7, karena tujuh kursi. Faktor nomor itu ada, yang utama bangun relasi ke masyarakat," kata Masinton.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI