RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Pemilu 2024 Bisa Dilihat dari Tiga Sudut Pandang

​Pemilu 2024 Bisa Dilihat dari Tiga Sudut Pandang

1 September 2023 05:57 WIB
​Pemilu 2024 Bisa Dilihat dari Tiga Sudut Pandang
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (tengah) saat berpidato di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, Pemilu 2024 bisa dilihat dari tiga sudut pandang. Tiga sudut pandang yang dimaksud, yakni peristiwa politik, ekonomi, dan budaya.

Dalam peristiwa politik, Hasyim menjelaskan, pemilu menjadi alat demokrasi untuk menentukan pemimpin negara dan wakil rakyat. Kandidat terpilih, nantinya mengisi pos-pos jabatan kenegaraan yang diperlukan.

"Pemilu bisa dilihat dari tiga sudut pandang, pertama yang sering kita pahami, pemilu sebagai peristiwa politik. Karena pemilu untuk mengisi jabatan kenegaraan, melalui kompetisi pemilu yang sehat dan demokratis," kata Hasyim saat berpidato di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Kemudian, Hasyim menjelaskan, pemilu juga dapat dipandang sebagai peristiwa ekonomi. Alasannya, karena akan ada banyak orang berkontribusi dalam ekonomi.

"Ketiga, pemilu sebagai peristiwa kebudayaan. Ini yang jarang orang lihat, bahwa pemilu peristiwa kebudayaan," ucap Hasyim.

Diketahui, KPU RI menggelar acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024'. Kegiatan ini diselenggarakan di Bentara Budaya Pukul 20.00 WIB.

Dalam kegiatan ini, dihadiri langsung oleh pejabat negara seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, turut hadir juga seniman Sujiwo Tejo, hingga musisi legendaris Ebiet G. Ade .

Acara doa bersama ini, dihadiri langsung Ketua KPU Hasyim Asy'ari berserta jajaran komisioner KPU pusat. Nampak pula Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, sampai tokoh-tokoh agama yang ada di Indonesia.

Acara dibuka dengan lagu populer milik Ebiet G.A.D yang berjudul 'Berita Kepada Kawan'. Semua tamu undangan, ikut bernostalgia dan bernyanyi bersama.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI