RRI

123 Relawan Siap Amankan Prokes PON Papua

25 September 2021 13:30 WIB
123 Relawan Siap Amankan Prokes PON Papua

KBRN, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional bakal mengerahkan 123 orang relawan protokol kesehatan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Nantinya, 123 relawan akan bertugas di Jayapura dengan mengemban tiga cakupan tugas.

"Pertama dengan membagikan masker untuk masyarakat umum khususnya yang menyaksikan pertandingan olahraga di beberapa tempat pelaksanaan PON," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi dalam siaran persnya, Sabtu (25/9/2021).

"Kedua, melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 selama pelaksanaan PON XX," lanjutnya.

Kemudian, para relawan yang lain akan bertugas di empat gerai di tempat pelaksanaan PON dan titik lain yang dapat berpotensi menimbulkan kerumunan.

Nantinya, 123 relawan tersebut berasal dari berbagai organisasi yang berbeda. 

Antara lain Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama, Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia.

Berikutnya, dari Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, relawan BPBD Kota Jayapura, Resimen Mahasiswa Universitas Cenderawasih, serta Squad PBI.

Pewarta: Mosita Dwi Septiasputri
Editor: Nugroho
Sumber: RRI