RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menkopolhukam Minta WNI di Korsel Sukseskan Pemilu 2024

Menkopolhukam Minta WNI di Korsel Sukseskan Pemilu 2024

31 Agustus 2023 12:00 WIB
Menkopolhukam Minta WNI di Korsel Sukseskan Pemilu 2024
Menkopolhukam Mahfud MD (kedua dari kiri) bersama Dubes Indonesia di Seoul, Korsel Gandi Sulistiyanto dalam diskusi 'Pemilu 2024 untuk Indonesia Lebih Baik'. (Foto: KBRI Seoul)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, masyarakat Indonesia di Korea Selatan (Korsel) juga berperan penting dalam Pemilu 2024. Karenanya, Mahfud meminta Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dapat melibatkan WNI di Korsel yang memiliki hak pilih untuk ikut serta pada pesta demokrasi ini.

"Pemilu penting untuk menjaga NKRI berdasarkan konstitusi, selain itu pemilu juga menjadi sarana untuk memilih pemimpin yang terbaik. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia di Korea Selatan juga berperan penting dalam penyelenggaraan Pemiku 2024," kata Mahfud MD dalam diskusi 'Pemilu 2024 untuk Indonesia Lebih Baik', dikutip Kamis (31/8/2023).

Sementara itu, Dubes Indonesia di Seoul, Korsel Gandi Sulistiyanto mengatakan, peran aktif dan kontribusi WNI di Korsel sangat penting. Utamanya, untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang bersih, jujur, adil, aman, dan sukses.

"Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi di tahun 2024, karenanya kontribusi kita sangat penting untuk memilih pemimpin yang terbaik. Sekaligus menyelenggatakan pemilu yg jurdil dan sukses," kata Gandi. 

Menjelang Pemilu 2024, PPLN telah dilantik beranggotakan seluruh komponen dari masyarakat Indonesia di Seoul. Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Korsel berada di posisi ke–13 dari total DPT dunia sebanyak 26.850 orang. 

Adapun total DPT di luar negeri tercatat sebesar 1.750.474 orang. Diskusi tersebut juga dihadiri anggota PPLN, Pekerja Migran Indonesia, komunitas mixed marriage, serta pelajar Indonesia di Korsel. 


Pewarta: Rini Hairani
Editor: Tegar
Sumber: RRI