RRI

  • Beranda
  • Berita
  • RSUD Kabupaten Tangerang Siapkan Layanan Konsultasi Caleg Gagal

RSUD Kabupaten Tangerang Siapkan Layanan Konsultasi Caleg Gagal

17 November 2023 05:30 WIB
RSUD Kabupaten Tangerang Siapkan Layanan Konsultasi Caleg Gagal
RSUD Kabupaten Tangerang menyiapakan pelayanan konsultasi kejiawaan bagi para calon anggota legislatif yang gagal pada Pemilu 2024 nanti. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang menyiapkan layanan konsultasi psikologi. Hal itu diperuntukan bagi para calon anggota legislatif (caleg) yang gagal pada Pemilu Legislatif 2024 nanti.

Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan, pihaknya penyiapan fasilitas dengan konsultasi itu agar bisa membentengi mental psikologis. Sehingga para caleg gagal nanti tidak mudah mengalami depresi.

"Kondisi ini dipersiapkan, karena pada proses pemilihan legislatif kerap kali ditemui kasus caleg yang mengalami gangguan kejiwaan. Itu akibat gagal dalam pesta demokrasi," ujarnya, Kamis (16/11/2023).

Hilwani menyebutkan, untuk fasilitas konsultasi jiwa bagi caleg itu disiapkan diantaranya dua dokter spesialis kejiwaan. Sehingga, ketika ada caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kalah dalam kontestasi Pemilu tersebut bisa langsung ditangani.

Hilwani juga menyatakan akan melakukan antisipasi, apabila terjadi lonjakan pasien stres akibat gagal dalam pemilihan legistlatif. "Bila para caleg mengalami gangguan kejiwaan, bisa langsung ke klinik jiwa di RSUD Kabupaten Tangerang dengan alur layaknya pasien pada umumnya," ucapnya.

Hal serupa dilayangkan Humas RSUD Balaraja, Kabupaten Tangerang, Aang. Menurut Aang, pihaknya juga telah menyiapkan dokter spesialis kejiwaan. Hanya saja, pihaknya tidak menyiapkan ruang rawat inap khusus pasien dengan gangguan jiwa.

"Dokter spesialis jiwa ada satu, tapi kita tidak menyiapkan ruang rawat inap. Jadi apabila ada pasien gangguan jiwa, teknisnya berobat jalan saja," kata dia.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI