RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Panglima TNI Apresiasi Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai

Panglima TNI Apresiasi Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai

21 Oktober 2023 22:50 WIB
Panglima TNI Apresiasi Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai
Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono dan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigiti Prabowo bersama masyarakat deklarasi pemilu damai di Malang, Jawa Timur (Foto: Dok Polri)

KBRN, Jakarta: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengapresiasi deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai. Deklarasi ini digelar dalam rangkaian kegiatan '32 Tahun Akabri 91 Mengabdi untuk Negeri'.

"Nanti kita sampaikan kepada seluruh jajaran TNI-Polri di wilayah untuk juga sama-sama melaksanakan komitmen damai untuk Pemilu 2024. Sehingga komitmen di seluruh wilayah ini menjadi langkah bagus untuk menjaga Pemilu 2024 terlaksana dengan baik dan aman,” kata Yudo Margono kepada wartawan di Malang, Jawa Timur, Sabtu (21/10/2023). 

Lebih lanjut, Yudo meminta kepada anggota TNI untuk menjaga netralitas di Pemilu 2024 mendatang. Menurut Yudo, hal tersebut menjadi kunci keberhasilan pemilu yang baik dan lancar. 

"Ini juga saya sampaikan kepada seluruh TNI harus netral dan netral di Pemilu 2024. Sebab, hal itu kunci utama kita bisa melaksanakan atau menjaga pemilu ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Yudo.

Sementara, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menilai deklarasi pemilu damai ini bagus untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Listyo berharap kegiatan Deklarasi Pemilu Damai dapat digelar di banyak tempat. 

"Ini sangat bagus, kalau beberapa waktu lalu deklarasi di Monas dilakukan oleh perwakilan-perwakilan partai politik. Kali ini dilaksanakan oleh masyarakat yang memilih," kata Kapolri. 

"Ini kalau bisa dilaksanakan di semua tempat, baik yang dipilih maupun memilih memiliki semangat yang sama. Untuk bagaimana menjaga pemilu berjalan damai meski masing-masing berbeda pendapat,” ucap Listyo Sigit.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI