RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Siapkan TPS Khusus Pesantren pada Pemilu 2024

​KPU Siapkan TPS Khusus Pesantren pada Pemilu 2024

15 Oktober 2023 15:37 WIB
​KPU Siapkan TPS Khusus Pesantren pada Pemilu 2024
Ketua KPU, Hasyim Asy'ari (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di pesantren pada Pemilu 2024. Kegiatan serupa pernah lembaga tersebut dilakukan saat berlangsungnya Pemilu 2019.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan TPS khusus tersebut disediakan untuk santri dan ustaz yang berdomisili di luar pesantren. Terutama bagi mereka yang tidak bisa pulang untuk mencoblos pada saat berlangsungnya pemilu.

"Sehingga, mereka akan tetap bisa menggunakan hak suaranya," kata Hasyim, Minggu (15/10/2023). Dia menambahkan KPU sudah mendata nama-nama santri dan ustaz yang tidak bisa pulang pada Pemilu 2024. 

Dengan diadakannya TPS khusus di pesantrean, diharapkan para santri dan ustaz antusias untuk mencoblos Pemilu 2024. Untuk menyelenggarakan TPS di berbagai pesantrean tersebut, KPU telah menjalin kerja sama dengan PB Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, menyatakan siap membantu KPU untuk menyediakan lokasi TPS di pesantren. "Kami hanya bersifat mendukung program yang sudah dibuat KPU," ujarnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI