RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ketua DPR Ingatkan Penyelenggara Tingkatkan Kualitas Pemilu 2024

Ketua DPR Ingatkan Penyelenggara Tingkatkan Kualitas Pemilu 2024

31 Oktober 2023 12:42 WIB
Ketua DPR Ingatkan Penyelenggara Tingkatkan Kualitas Pemilu 2024
Suasana Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang II DPR Tahun 2023-2024, Selasa (31/10/2023) (Foto: RRI/Rizki)

KBRN, Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengingatkan penyelenggara Pemilu 2024 untuk meningkatkan kualitas pesta demokrasi tersebut. Hal itu diungkapkannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang II DPR Tahun 2023-2024, Selasa (31/10/2023). 

"Ini untuk memastikan agar demokrasi dijalankan sesuai ideologi dan persatuan bangsa," ujarnya. Puan menambahkan bahwa melalui pemilu rakyat dapat menilai dan mengevaluasi apakah akan memberikan mandat atau tidak.

Menurut dia, pemilu akan menentukan kualitas demokrasi dan kedaulatan rakyat dalam mengurus bangsa. "Pemilu yang berkualitas dibutuhkan partai politik untuk memegang komitmen ideologi dan persatuan bangsa," katanya.

Puan mengatakan saat ini penyelenggaraan Pemilu 2024 telah menyelesaikan tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden. Karena itu, dia meminta agar penyempurnaan demokrasi pada pemilu dilaksanakan secara periodik. 

Terakhir, Puan meminta Pemerintah membuat kebijakan untuk mengantisipasi tekanan geopolitik dan geoekonomi global. "Ini sangat berdampak pada rakyat, terutama di bidang pangan dan energi," ujarnya.

Pewarta: Rizki Supermana, S.Pd
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI