RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Jokowi dan Tiga Bacapres Inginkan Pemilu Sehat

Presiden Jokowi dan Tiga Bacapres Inginkan Pemilu Sehat

31 Oktober 2023 10:40 WIB
Presiden Jokowi dan Tiga Bacapres Inginkan Pemilu Sehat
Presiden Joko Widodo (batik putih biru) makan siang bersama Ganjar Pranowo (batik merah), Prabowo Subianto (batik coklat, menghadap bunga), dan Anies Baswedan (kanan) di Ruang Makan Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo memiliki harapan yang sama dengan tiga bakal calon presiden yang akan maju di Pemilu 2024. Presiden dan ketiganya sama-sama menginginkan Pemilu yang sehat, sejuk, dan sesuai prinsip demokrasi. 

"Presiden memiliki pandangan dan harapan yang sama dengan para Bacapres agar terwujud pemilu yang sehat, sejuk dan damai. Sesuai prinsip-prinsip demokrasi," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Ari Dwipayana, dalam pesan singkat yang diterima rri.co.id Selasa (31/10/2023). 

Ari menjelaskan, makan siang bersama Presiden Jokowi dengan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan berlangsung akrab. Mereka berempat berbincang ringan dan terselip senda gurau. 

Ari mengatakan, Presiden Jokowi tentu terus berkomunikasi dengan para tokoh politik, termasuk para bakal calon presiden. Silaturahmi Presiden tersebut, menurut Ari, kerap dilakukan secara informal dan akrab. 

"Presiden terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh-tokoh politik, termasuk Bacapres. Seperti kebiasaan beliau, silaturahmi dilakukan dalam suasana informal, akrab sambil makan siang," kata Ari lebih lanjut. 

Ari juga menuturkan, Presiden dalam kesempatan tersebut memastikan kepada ketiga bacapres bahwa seluruh aparatur negara tentu netral. Ini sudah disampaikan Kepala Negara kepada Pj Kepala Daerah kemarin. 

Presiden meminta Pj Kepala Daerah untuk tidak memihak dan memastikan ASN juga netral. Ia juga minta Pj Kepala Daerah untuk menjaga kerukunan di tingkat bawah. 

Jika ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik dan berpotensi menimbulkan perpecahan, harus diselesaikan sesegera mungkin. Penegasan yang sama menurut Ari akan disampaikan Presiden kepada TNI-POLRI dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya.

Pewarta: Pradipta
Editor: Allan
Sumber: RRI