RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menag Tidak Undang Bacapres pada Perayaan Hari Santri

Menag Tidak Undang Bacapres pada Perayaan Hari Santri

6 Oktober 2023 19:50 WIB
Menag Tidak Undang Bacapres pada Perayaan Hari Santri
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat diwawancara awak media di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta. (Foto: RRI/Aditya Prabowo)

KBRN, Jakarta: Bakal Calon Presiden (Bacapres) dipastikan tidak akan diundang pada perayaan Hari Santri Nasional 2023. Hal itu ditegaskan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. 

“Kita tidak akan mengundang Bacapres pada perayaan Hari Santri Nasional. Nantinya Presiden Joko Widodo yang akan menjadi inspektur upacara pada puncak Hari Santri 2023,” kata Yaqut kepada wartawan di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2023). 

Lebih lanjut, Yaqut mengatakan perayaan Hari Santri Nasional 2023 akan digelar di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur. Namun, Yaqut masih enggan membocorkan rangkaian acara pada perayaan Hari Santri 2023. 

"Dan setelah itu ada beberapa rangkaian acara yang saya tidak bisa sampaikan saat ini. Karena panitia yang akan menyampaikan, tapi Insya Allah akan menarik," ujar Yaqut. 

Selain itu, Yaqut menambahkan, tema perayaan Hari Santri Nasional yakni Jihad Santri Jayakan Negeri. Dimana, Hari Santri Nasional tersebut diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. 

“Pada peringatan tahun ini, kita usung semangat Jihad Santri Jayakan Negeri. Kami ajak para santri terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,” ucap Yaqut. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI