RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Capres-Cawapres Terakhir Digelar di Kantor KPU

Debat Capres-Cawapres Terakhir Digelar di Kantor KPU

5 Desember 2023 09:10 WIB
Debat Capres-Cawapres Terakhir Digelar di Kantor KPU
Anggota KPU RI Idham Holik saat memberikan keterangan kepada awak media (Foto: Dok KPU RI)

KBRN, Jakarta: Penyelenggaraan debat calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang kelima akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hal ini disampaikan, Anggota KPU RI, Idham Holik. 

“Dalam rapat koordinasi itu sudah disampaikan untuk seluruh debat akan direncanakan di Jakarta. Kemudian untuk debat pertama dan debat ke lima akan diselenggarakan di Kantor KPU RI,” kata Idham Holik dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023). 

Lebih lanjut, Idham mengatakan, format debat tetap sama dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Yakni tiga debat calon presiden dan dua debat untuk calon wakil presiden.  

"Tiga debat calon Presiden dan dua debat calon Wakil Presiden itu ada dalam penjelasan Pasal 277 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Kemudian kami tuangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum Pasal 50 ayat (1),"  ujarnya. 

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan debat Pilpres 2024 sebanyak lima kali. Dimana tiga kali debat di gelar untuk Capres dan dua debat untuk Cawapres. 

Untuk pelaksanaan debat pertama akan dilakukan di Kantor KPU RI pada 12 Desember 2023. Debat pertama bertema terkait dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pada debat kedua yang dijadwalkan pada tanggal 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Tema debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024 adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Selanjutnya tema debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024 perihal energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. Debat terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 dengan tema mengenai teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Allan
Sumber: RRI