RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ini Agenda Tiga Pasangan Capres-Cawapres Hari Pertama Kampanye

Ini Agenda Tiga Pasangan Capres-Cawapres Hari Pertama Kampanye

28 November 2023 12:04 WIB
Ini Agenda Tiga Pasangan Capres-Cawapres Hari Pertama Kampanye
Ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) saat pengambilan nomor urut di kantor KPU, (14/11/2023) (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2024 oleh 3 pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) dimulai hari ini, Selasa (28/11/2023). Komisi Pemilihan Umum menetapkan masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) dan Pilpres mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Di hari pertama, pasangan Capres-Cawapres yaitu nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dilakukan secara terpisah. Anies akan memulai kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, pagi tadi.

Setelah itu, Anies akan menuju ke Ciracas (Jakarta Timur), Bogor, dan Bandung di Jawa Barat. Alasan Anies memilih memulai kampanye Pilpres di wilayah Tanah Merah adalah ingin memberikan pesan keadilan.

Sementara, Muhaimin berkunjung ke rumah ibunya di Jombang, Jawa Timur untuk meminta izin. Setelah itu, dia berkampanye di beberapa wilayah Jatim seperti Kota Surabaya.

Sedangkan pasangan Prabowo dan Gibran hari ini tidak mengambil cuti dan tidak melakukan kampanye secara langsung. Prabowo dilaporkan akan menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan.

Sedangkan Gibran dilaporkan akan menjalankan tugas sebagai Wali Kota Solo. Sementara itu, Ganjar dan Mahfud MD juga dilaporkan akan memulai kampanye secara terpisah.

Ganjar bakal memulai kampanye Pilpres dari Papua. Sedangkan Mahfud MD dilaporkan mengambil cuti sebagai Menko Polhukam dan memulai kampanye dari Aceh.

Menurut Ganjar, kampanye dilakukan secara terpisah dari kawasan barat dan timur Indonesia untuk kemudian secara bertahap akan bergerak ke bagian tengah. Ganjar mengatakan, cara itu digunakan buat menyerap aspirasi dari masyarakat.

Sebagai informasi, kampanye pemilu akan dimulai pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Kampanye akan digelar selama 75 hari.

Kemudian pada 11 Februari 2024-13 Februari 2024 masuk masa tenang, sehingga capres dan cawapres tidak boleh lagi berkampanye. Pemungutan suara akan dilakukan 14 Februari 2024.

Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI