RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pendaftaran Capres-Cawapres

Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pendaftaran Capres-Cawapres

19 Oktober 2023 08:20 WIB
Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pendaftaran Capres-Cawapres
Personel kepolisian saat melakukan rapat pengamanan rangkaian Pendaftaran Bacapres-Bacawapres. (Foto: Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

KBRN, Jakarta: Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan 2.411 personel gabungan untuk mengamankan rangkaian Pendaftaran Bacapres/Bacawapres. Hal tersebut disampaikan, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

“Hari ini akan dimulai rangkaian pendaftaran Bacapres/Bacawapres yang akan dimulai pada tanggal 19 - 25 Oktober 2024. Untuk hari ini ada 2 pasangan Bacapres/Bacawapres yang di jadwalkan akan mendaftarkan di KPU,” kata Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan resmi, Kamis (19/10/2023). 

Lebih lanjut, ia mengatakan personel yang dikerahkan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan unsut dari Pemprov DKI Jakarta. Pengerahan pasukan ini terbagi menjadi 3 zona dengan 13 sektor pengamanan yang terfokus pada rute perjalanan Bacapres/Bacawapres. 

“Kami juga menyiapkan pasukan yang mobile apabila terjadi insiden yang tidak di inginkan pada hari ini. Hari ini untuk pasangan Anies-Cak Imim di jadwalkan akan mendaftar pukul 08.00 WIB dan untuk pasangan Ganjar-Mahfud akan mendaftar pukul 11.00 WIB,” ujarnya.

Jika terjadi stagnasi pada jalur dan rute tersebut, kata Susatyo, maka Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem buka tutup. Selain itu, Ditlantas Polda Metro jaya juga akan memberlakukan pengalihan arus pada ruas jalan yang mengalami stagnasi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersikap dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi. Beda pilihan adalah hal yang wajar dalam iklim ber demokrasi dan mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa demi utuhnya NKRI,” kata Susatyo.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Mosita
Sumber: RRI