RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Terima Surat Koalisi Perubahan, KPU: Anies-Muhaimin Daftar Pertama

​Terima Surat Koalisi Perubahan, KPU: Anies-Muhaimin Daftar Pertama

17 Oktober 2023 07:15 WIB
​Terima Surat Koalisi Perubahan, KPU: Anies-Muhaimin Daftar Pertama
Komisioner KPU RI Idham Holik saat melakukan wawancara dengan awak media di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: KPU RI membenarkan, Koalisi Perubahan bakal mendaftarkan paslon bacapres-bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada 19 Oktober 2023. Pernyataan itu, menyusul KPU telah menerima surat pemberitahuan dari parpol pengusung pasangan Anies-Muhaimin tertanggal 14 Oktober 2023 lalu.

"Sabtu sore, telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai koalisi atau gabungan parpol dari partai NasDem, PKB, PKS. Berencana mendaftarkan bacapres-bacawapres hari pertama, tanggal 19 Oktober 2023, jam 8 pagi sampai dengan selesai," kata Komisioner KPU Idham Holik dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan, koalisinya mendaftarkan Anies-Muhaimin ke KPU pada hari pertama. Yakni, tepatnya pada pembukaan pendaftaran pada 19 Oktober 2023.

 "Hari pertama. Kami akan datang ke KPU," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al-Habsyi saat dikonformasi awak media, Sabtu (14/10/2023).

Pria yang akrab disapa Habib itu mengatakan, koalisinya sudah mempersiapkan segala hal untuk mendaftarkan pasangan Anies-Muhaimin. Suasana demokrasi dalam acara pendaftaran akan ditonjolkan Koalisi Perubahan. 

"Pokoknya lihat saja, kami akan menampilkan suasana demokrasi yang indah ke KPU. KPU juga siap menerima kami," ucap Habib.

Hal senada juga diucapkan, Sekjen DPP Partai NasDem Hermawi F Taslim. Ia mengatakan, surat pemberitahuan tersebut sudah diterima oleh KPU

"Sudah kami masukkan. Sudah diterima KPU," kata Hermawi kepada wartawan, Sabtu (14/10/2023).

Menurut dia, dalam surat tersebut, pasangan AMIN akan mendaftar ke KPU, pada Kamis (19/10/2023), pukul 08.00 WIB. Hermawi mengatakan, koalisinya mengirimkan surat tersebut, pada Kamis (14/10/2023), pukul 15.00 WIB.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI