RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Lembaga Kemasyarakatan Berperan Penting Lancarkan Pemilu 2024

Lembaga Kemasyarakatan Berperan Penting Lancarkan Pemilu 2024

26 September 2023 22:20 WIB
Lembaga Kemasyarakatan Berperan Penting Lancarkan Pemilu 2024
Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma dalam agenda Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan di RPTRA Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023). (Foto: Humas Pemkot Jakpus)

KBRN, Jakarta: Lembaga kemasyarakatan sangat berperan penting dalam kelancaraan penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan, Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma. 

“Saya minta seluruh pihak untuk fokus dalam Pemilu 2024. Tidak hanya pada hasilnya saja tetapi juga pada proses yang dijalankan dari tingkat RT,” kata Dhany dalam agenda Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan di RPTRA Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023). 

Menurut Dhany, kemasyarakat yang profesional salah satu faktor yang dapat menciptakan penyelenggaraan Pemilu berjalan lancar. Selain itu, pemimpin lembaga harus dapat memisahkan kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi di mana persatuan harus diutamakan.

“Apabila seorang pemimpin gagal memisahkan dua kepentingan tersebut, maka fragmentasi dan konflik di organisasi dan masyarakat berpotensi muncul. Sehingga, ketika kita berada sebagai pemimpin di masyarakat, semangat netralitas dan melayani semua jadi kunci utama," ucap Dhany. 

Perlu diketahui, Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jakarta Pusat. Untuk Pemilu 2024 yang jumlahnya adalah 830.352 orang, dari keseluruhan DPT provinsi DKI yang mencapai 8,25 juta orang.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI