RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Kontestasi Pemilu 2024 Seperti Permainan Catur hingga Gaple

​Kontestasi Pemilu 2024 Seperti Permainan Catur hingga Gaple

1 September 2023 08:40 WIB
​Kontestasi Pemilu 2024 Seperti Permainan Catur hingga Gaple
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat berpidato di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku, mendapat pendapat penting dari Seniman Sujiwo Tejo terkait Pemilu 2024. Menurut Mbah Tejo (sapaan akrab Sujiwo Tejo), kata Hasyim, pemilu seperti permainan catur, pingpong, hingga gaple.

"Mas Tejo bilang, pemilu, pilkada ini kaya main catur, main bola, main pingpong, main gaple. Yang main itu-itu aja, kalah nanti tanding lagi," kata Hasyim dalam pidatonya di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Hasyim menyebutkan, peserta pemilu yang kalah juga tidak 'ngambek'. Malah justru, bertanding kembali di pemilu selanjutnya.

"Kalah lagi, tanding lagi, dan nggak ada cerita kalah ngambek, itu nggak ada. Pasti ketemu temannya pengen ngulangi lagi," ucap Hasyim.

Jadi kalau dilihat dari sudut pandang budaya, menurut Hasyim, Pemilu 2024 itu seperti permainan. Tidak hanya itu, Hasyim juga mendapat masukan lainnya dari Mbah Tejo.

Yaitu, kata Hasyim, usulan lokasi acara doa bersama di Bantara Budaya Rumah Kudus. Tanpa pikir panjang, Hasyim mengaku, langsung menyetujui usulan Mbah Tejo.

"Bantara Budaya ini Rumah Kudus, saya orang Kudus, jadi kalau ke Rumah Kudus ini seperti ke rumah sendiri. Satu-satunya kota di Indonesia yang menggunakan bahasa arab, Kudus, Madinakuld's artinya kota yang suci," ujar Hasyim.

"Kalau kita berdoa dimulai dari rumah suci, rumah Kudus ini, saya kira sudah tepat. Oleh karena itu kami berterima kasih," kata Hasyim lagi.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI