RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemimpin Negara Harus Renungkan Lagu Ebiet G. Ade

Pemimpin Negara Harus Renungkan Lagu Ebiet G. Ade

1 September 2023 08:01 WIB
Pemimpin Negara Harus Renungkan Lagu Ebiet G. Ade
Para pimpinan Komisioner KPU RI, Bawaslu, Mendagri Tito Karnavian dan para tokoh agama saat melakukan sesi foto bersama di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: KPU RI menilai, lagu 'Berita Kepada Kawan' yang dinyanyikan Ebiet G. Ade memiliki pesan penting untuk pemimpin Indonesia. Kutipan 'Rumput yang Bergoyang' dalam bait lagu tersebut, harus menjadi renungan para pemimpin negara.

"Kang Ebiet, yang sudah menyanyikan lagu yang sangat penting untuk kita renungkan. Terutama untuk para pemimpin bangsa," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat berpidato di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Hasyim mengatakan, terdapat dua kata kunci dalam lagu 'Berita Pada Kawan'. Pertama, tentang keikhlasan dan berserah diri kepada Sang Maha Pencipta dalam dinamika serta hasil Pemilu 2024.

"Pasrah kepada Tuhan, yang namanya bertanding dalam pemilu yang demokratis itukan, unpredict result. Artinya nggak bisa diprediksi," ucap Hasyim.

"Selain bertanding, berkompetisi, juga penting untuk berdoa. Supaya nyambung dengan suara langit," kata Hasyim lagii.

Kedua, Hasyim menjelaskan, lagu Ebiet G. Ade ini secara tidak langsung meminta pemimpin negara untuk sering menengok rakyatnya. Jangan sampai, rakyat tak tahu arah tujuan dari pemimpin negara tersebut.

"Pemimpin harus banyak dan sering menyaksikan situasi orang-orang yang dipimpin. Kalau sampai pemimpin nggak pernah mendengar, nggak pernah menyaksikan dan memperjuangkan nasib rakyat, rakyat bertanya kepada siapa lagi?," ujar Hasyim.

Oleh sebab itu, ke depannya Hasyim berharap, Pemilu 2024 menghasilkan para pemimpin-pemimpin yang peduli dengan rakyat-rakyatnya. Masyarakat harus memiliki sosok pemimpin yang kuat dan dapat dipegang janji-janjinya.

"Oleh karena itu, pesan dari Kang Ebiet, para pemimpin jangan sampai seperti 'Rumput yang Bergoyang', yang susah dipegang. Karena rakyat itu butuh pemimpin yang kuat, yang bisa dipegang janji-janjinya," kata Hasyim.

Diketahui, KPU RI menggelar acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024'. Kegiatan ini diselenggarakan di Bentara Budaya Pukul 20.00 WIB.

Dalam kegiatan ini, di hadiri langsung oleh pejabat negara seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito hadir mewakili kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, turut hadir juga seniman Sujiwo Tejo, hingga musisi legendaris Ebiet G. Ade. Acara dibuka dengan lagu populer milik Ebiet G. Ade berjudul 'Berita Kepada Kawan'. 

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI